news Details

TERAPI LATIHAN PASCA OPERASI PENGGANTIAN SENDI LUTUT (KNEE REPLACEMENT SURGERY)

Oleh: dr. Rudy Handoyo, Sp. KFR (K), dr. Veronica Yoseva

 

 

Operasi penggantian sendi lutut adalah prosedur operasi dengan cara mengganti sendi lutut yang rusak dengan sendi buatan dengan tujuan untuk mengurangi nyeri dan memperbaiki keterbatasan lingkup gerak sendi lutut.


Indikasi untuk operasi yaitu:

  1. Nyeri/kaku pada sendi lutut dan mengganggu aktivitas sehari-hari seperti berjalan, berdiri, posisi duduk/naik turun tangga
  2. Radang sendi yang sudah lama dan tidak membaik setelah pemberian obat-obatan

Pasien akan mengalami nyeri di sekitar lututnya setelah menjalani operasi. Ini merupakan gejala yang normal dirasakan oleh pasien selama proses pemulihan. Untuk meredakan nyeri, dokter akan memberikan obat pereda nyeri. Olahraga teratur juga terbukti dapat mempercepat proses penyembuhan.

 

Anda sangat disarankan untuk melakukan latihan tungkai untuk membantu meningkatkan sirkulasi tungkai Anda. Latihan tungkai juga dapat menguatkan otot dan meningkatkan gerakan lutut Anda.

 

Beberapa latihan tungkai ringan yang dapat Anda lakukan di rumah yaitu:

 

  1. Latihan Kuadrisep

Kencangkan otot paha Anda dan cobalah untuk meluruskan lutut Anda. Tahan gerakan ini selama 5-10 detik. Lakukan sekitar 10 kali atau selama 2 menit, istirahat 1 menit dan kemudian ulangi lagi. Lakukan beberapa kali hingga paha Anda terasa lelah.

 

  1. Pompa Pergelangan Kaki

Naik dan turunkan kaki Anda seperti gambar secara teratur sambil kontraksikan otot betis Anda. Lakukanlah selama 2-3 menit selama 2-3 kali dalam 1 jam.

 

  1. Straight Leg Raises

Kencangkan otot paha Anda dengan tungkai lurus di kasur. Angkat kaki Anda beberapa sentimeter. Tahan selama 5 – 10 detik. Turunkan perlahan dan ulangilah hingga paha Anda terasa lelah.

 

  1. Bed-Supported Knee Bends

Latihan ini dilakukan dalam posisi duduk. Tungkai yang tidak dioperasi diletakkan di belakang tumit tungkai yang dioperasi untuk membantu dalam menyangga tungkai yang dioperasi. Tekuk lutut secara perlahan hingga maksimal yang Anda toleransi. Tahan posisi ini selama 5-10 detik. Lakukan latihan ini selama 2 menit.

 

  1. Sitting Supported Knee Bends

Latihan ini dilakukan dalam posisi duduk. Tungkai yang tidak dioperasi diletakkan di belakang tumit tungkai yang dioperasi untuk membantu dalam menyangga tungkai yang dioperasi. Tekuk lutut secara perlahan hingga maksimal yang Anda toleransi. Tahan posisi ini selama 5-10 detik. Lakukan latihan ini selama 2 menit.

 

  1. Sitting Unsupported Knee Bends

Bila Anda dapat melakukan gerakan di atas dengan mudah, lakukan latihan menekuk tungkai sambil duduk tanpa sanggahan tungkai yang tidak dioperasi. Tekuk lutut yang dioperasi sejauh yang dapat Anda lakukan hingga kaki Anda menyentuh lantai secara ringan. Tahan posisi ini selama 5-10 detik lalu luruskan lutut Anda secara maksimal. Lakukan latihan ini selama 3 menit.

 

Masa pemulihan pasca operasi pengantian lutut umumnya berlangsung sekitar 3-6 minggu. Setelah pemulihan selesai, pasien sudah dapat melakukan aktivitas fisik ringan di sekitar rumah. Sedangkan untuk aktivitas fisik yang tergolong berat, sebaiknya dihindari.

 

Saat ini, tingkat keberhasilan operasi penggantian lutut cukup baik, yaitu sekitar 90 persen. Kebanyakan pasien yang sudah menjalani operasi penggantian lutut tidak lagi merasakan nyeri pada lututnya. Dengan menyesuaikan aktivitas fisik, hasil dari operasi penggantian lutut dapat bertahan hingga belasan tahun.

 

REFERENSI:

https://orthoinfo.aaos.org/en/recovery/total-knee-replacement-exercise-guide/

https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/15406-total-knee-replacement-post-op-exercises

Share:

Tags:

Beri Komentar