news Details

PENTINGNYA GIGI SUSU

Oleh : drg. Diah Ajeng Purbaningrum, MDSc, SpKGA dari RSUP  Dr.Kariadi

Gigi susu atau gigi sulung adalah sekumpulan gigi yang tumbuh pertama kali pada anak sebelum nantinya digantikan oleh gigi tetap pada usia dewasa. Gigi susu mulai terbentuk saat proses kehamilan dan akan tumbuh pertama kali pada usia 5-8 bulan, meskipun bervariasi dari anak yang satu dengan yang lain. Banyak orang tua yang berpikiran tidak perlu memperhatikan kesehatan gigi susu, Gigi susu pada anak sering dianggap sepele karena akan digantikan oleh gigi tetap. Padahal gigi susu berperan sebagai penentu untuk tumbuhnya gigi tetap pada anak. Gigi susu memang akan tanggal dengan sendirinya, namun bukan berarti kesehatan gigi dan mulut anak dapat diabaikan.

Ada beberapa faktor pentingnya menjaga gigi susu yang perlu orang tua ketahui :

  1. Gigi susu berfungsi untuk mempertahankan dan mejaga lengkung gigi agar tidak mengalami penyempitan dan dapat berkembang dengan optimal. Kehilngan gigi susu sebelum waktunya dapat membuat rahang menjadi sempit dan tidak dapat berkemabang dengan optimal. Jika hal tersebut terjadi gigi tetap yang memiliki ukuran yang lebih besar dari gigi susu, maka akan tumbuh menumpuk satu dengan yang lain sehingga gigi menjadi berantakan.
  2. Gigi susu membantu proses pengunyahan dan sebagai fungsi estetis. Jika gigi sulung tidak dirawat dan dibiarkan berlubang hingga dalam, maka anak akan merasakan sakit gigi dan membuat anak untuk enggan untuk mengunyah makanan atau bahkan enggan untuk makan. Selain itu juga gigi anak yang bebas dari gigi berlubang membuat anak menjadi lebih percaya diri di sekolahnya.
  3. Gigi susu membantu dalam pengucapan huruf / fonasi dengan benar. Jika anak tidak memiliki gigi seri atas baik sudah tanggal sebelum waktunya atau mengalami lubang yang sudah cukup parah sehingga mengakibatkan yang tertinggal hanya akarnya saja, maka pengucapan / fonasi huruf-huruf tertentu akan terganggu. Sperti contohnya pengucapan huruf “T” akan terdengar menajdi “Stt”
  4. Gigi susu membantu dalam perkembangan dan pertumbuhan wajah anak. Jika gigi gigi susu tidak dirawat bahkan hamper rata dengan gusi dapat memperpendek ukuran wajah terutama dari hidung ke dagu sehingga wajah tidak terlihat proporsional.
  5. Gigi susu membantu mencegah kebiasaan buruk di rongga mulut. Jika anak sudah kehilanggan 4 gigi seri atas maka anak akan berpotensi untuk menjulurkan lidak ke depan, hal ini disebabkan karena tidak ada yang menahan lidah di bagian depan.

Mengingat pentingnya gigi susu, maka orangtua sebaiknya mengkonsultasikan keadaan gigi buah hatinya pada dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak, sehingga kemungkinan terjadinya kelainan pada gigi anak dapat dicegah.

Share:

Tags:

Beri Komentar