Memperingati Hari Diabetes Sedunia, RSUP dr. Kariadi Semarang mengadakan Kegiatan Skrining Retinopati & Nefropati diabetikum bersama Changing Diabetes In Children Indonesia (CDiC). Minggu (26/11)
Kegiatan Skrining Retinopati & Nefropati diabetikum diselenggarakan dalam rangka Hari Diabetes Sedunia dengan tema “Know your risk, Know your response”. Kegiatan ini dibuka oleh dr. Yanuar Ardani, M.Kes, Sp.PD, K-Psi. Mewakili Direktur Utama RSUP dr. Kariadi Semarang, beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan kerjasama bagi semua pihak yang turut menyukseskan kegiatan peringatan hari diabetes sedunia ini.
Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Garuda Instalasi Eksekutif ini diikuti oleh Anak dan remaja usia 11-25 tahun dengan diabetes melitus tipe 1 (DMT1) yang terdaftar dalam register Changing Diabetes In Children Indonesia (CDiC). Pada kegiatan pemeriksaan ini, pasien datang bergantian dengan didampingi oleh pengantar melakukan registrasi dan tes urine terlebih dahulu sebelum dilakukan pemeriksaan mata oleh dokter spesialis di RSUP dr. Kariadi Semarang. Disela-sela kegiatan, pasien juga antusias mengikuti konsultasi gizi dari Tim Gizi Klinik RSUP dr. Kariadi yang turut hadir memeriahkan acara ini.
Skrining Retinopati & Nefropati ini dilakukan kepada pasien dengan diabetes melitus tipe 1 (DMT1) karena pasien DMT1 memiliki risiko mengalami komplikasi mikrovaskular seperti neuropati, retinopati, nefropati, dan penyakit makrovaskular. Edukasi dan tatalaksana intensif dapat mencegah atau memperlambat progresi komplikasi jangka panjang diabetes melitus, dan mencapai target glikemik penting untuk mengurangi risiko komplikasi vaskular diabetes. oleh karena itu, skrining penting untuk dilakukan.
(Semarang, 26 November 2023)
RSUP Dr.Kariadi - Sahabat Menuju Sehat-
🌐 Website : www.rskariadi.co.id-
☎ Call center : 024 841 3476-
📍 Alamat : Jl. Dr. Sutomo No.16, Randusari,Kota Semarang, Jawa Tengah, 50244

Share:

Tags:

Beri Komentar

">">