news Details

Dalam rangka memperingati Hari Hepatitis Sedunia, RSUP Dr. Kariadi memfasilitasi pemeriksaan Skrining Hepatitis B gratis dalam kegiatan Car Free Day yang diselenggarakan di Jalan Pahlawan Semarang, Minggu (21/7).

CFD RS KARIADI

Hari Hepatitis Sedunia atau World Hepatitis Day (WHD) diperingati setiap tanggal 28 Juli. Dr. Hirlan Sp.PD, K-GEH menjelaskan bahwa hari Hepatitis Sedunia diperingati setiap tanggal 19 Mei. Namun dalam sidang Badan Eksekutif WHO ke-126, peringatan Hari Hepatitis disepakati menjadi tanggal 28 Juli atas usul dari delegasi Indonesia pada sidang Badan Eksekutif WHO tersebut. “Tanggal 28 Juli adalah hari kelahiran penemu hepatitis B pada tahun 1965 yang mengembangkan vaksin hepatitis B untuk pertama kalinya bernama Dr Baruch S. Blumberg,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Umum dan Operasional RSUP dr. Kariadi, dr. Arif Rahman Sadad SpKF, Msi.Med, SH, DHM menjelaskan bahwa RSUP dr. Kariadi merupakan rumah sakit vertikal yang berada di Semarang ibu kota Jawa Tengah, sangat peduli terhadap penduduk Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang, termasuk dalam pencegahan penyakit Hepatitis.“Kita siap menuju sehat, sehingga program kita tidak hanya untuk pengobatan tetapi juga untuk pencegahan dan promosi kesehatan. Ini salah satu bentuk kepedulian kita RSUP Dr. Kariadi terhadap masyarakat Semarang pada khususnya,” ucapnya.

Dijelaskan pula, Hepatitis banyak ditemukan di masyarakat dan penularannya sangat mudah, sehingga masyarakat perlu tahu apa itu hepatitis, bagaimana gejalanya, dan bagaimana pula cara pencegahannya. Penularan penyakit Hepatitis ini bisa ditekan serendah-rendahnya dengan pola hidup bersih dan sehat. Keberadaan RSUP Dr. Kariadi diharapkan mampu berkontribusi dalam mewujudkan kemandirian masyarakat Jawa Tengah dalam bidang kesehatan.

Kegiatan Sehat Bersama RSUP Dr. Kariadi, dalam rangka memperingati Hari Hepatitis Sedunia di area Car Free Day tersebut, selain diisi dengan pemeriksaan Skrining Hepatitis B gratis juga diisi dengan Senam bersama, Cek kesehatan gratis, konsultasi dokter spesialis dan Talk Show.

 

RSUP Dr. Kariadi Semarang. Jl. Dr. Sutomo No. 16 Semarang 50244. Telp. 024-8413476. Email: info@rskariadi.co.id. Website : www.rskariadi.co.id.

Share:

Tags:

Beri Komentar