news Details

6 KEBIASAAN BURUK YANG DAPAT MEMBAHAYAKAN TELINGA

dr.Dian Yusnita, Sp.THT-KL, dr. Adendra Surohadi

dari RSUP Dr. Kariadi

 

Membersihkan telinga dengan cotton bud mengasyikkan dan jadi kebiasaan, namun bisa berbahaya, dapat membuat luka kecil di saluran telinga, memaksa kotoran telinga masuk lebih sehingga dapat menyebabkan gangguan pendengaran atau rasa sakit.  

Masalah lain yang harus dihindari adalah :

  1. Membersihkan telinga dengan ear candle

Terapi ear candle diyakini bisa membersihkan kotoran telinga Anda dengan baik. Namun, penelitian-penelitian yang sudah dilakukan tidak menemukan bukti yang kuat bahwa ear candle benar-benar bisa melakukannya, Pada sisi lain, lilin-lilin ini ternyata bisa membahayakan telinga Anda.Seperti terbakar atau melukai telinga anda.

  1. Mendengarkan music dengan earphone

Mendengarkan music dengan earphone mengasyikkan bukan? Tahukah anda,berdasarkan data National Institute on Deafness, sekitar 15% orang Amerika Serikat antara usia 20 sampai 69 tahun memiliki gangguan pendengaran akibat paparan suara keras. Jika Anda ingin menggunakan earphone, volume dan waktunya harus diperhatikan. Volume makimal 60% dari suara devicenya dalam waktu maksimal 60 menit.

  1. Mengorek telinga dengan jari 

Kebiasaan mengorek telinga dengan alasan terasa gatal, sedangkan di sekitar anda tidak ada  cotton bud, sehingga anda mengoreknya dengan jari anda?

Comer mengatakan bahwa jika anda membersihkan telinga dengan jadi anda, bakteri mikroskopis akan masuk kedalam telinga anda melalui kuku-kuku anda yang dapat mengakibatkan infeksi terutama jika Anda diabetes akan berisiko lebih besar untuk mengalami infeksi.

  1. Menindik telinga Anda sendiri atau membiarkan seorang teman melakukannya

Jangan pernah coba-coba menindik telinga sendiri, atau membiarkan seorang teman yang bukan penindik professional melakukannya untuk Anda. Keadaan ini dapat mengakibatkan infeksi atau tindik kurang tepat/ tidak sesuai sasaran.

  1. Tidak pergi kedokter saat sakit telinga 

Telinga berdenging, nyeri telinga belum tentu karena telinga Anda bermasalah. "Nyeri telinga tidak selalu berhubungan dengan masalah telinga. Saraf  pada rahang, gigi, dan tenggorokan Anda terhubung dengan telinga dan begitu ada masalah dengan salah satunya, termasuk kanker tenggorokan, maka dapat menyebabkan sakit telinga," kata Rosenfeld.

Jadi, jika Anda mengalami sakit telinga terus-menerus dan berlangsung lebih dari dua hari, segeralah menemui dokter, jangan ditunda-tunda lagi.

  1. Menempel, memasukkan, atau menjepit telinga Anda dengan alat tertentu

Penjepit kertas, penjepit jemuran, peniti dan bulu ayam adalah alat yang paling umum digunakan orang untuk mengorek-ngorek telinga. Semuanya itu bisa menyebabkan luka sayatan dan menyebabkan infeksi di liang telinga luar.

Hindarilah kebiasaan-kebiasaan di atas agar telinga Anda selalu sehat. Segera menemui dokter jika mengalami sakit telinga atau gangguan pendengaran.

Share:

Tags:

Beri Komentar