news Details

Sahabat sehat, suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi (banyak penyebab) yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid (lemak) dan protein sebagai akibat gangguan fungsi insulin.  Diabetes atau kencing manis merupakan kadar gula darah tinggi akibat kegagalan produksi insulin oleh pankreas. Indonesia masuk 10 negara terbesar penderita diabetes di dunia.

Adapun gejala diabetes yaitu sering buang air kecil terutama di malam hari, cepat merasa lapar dan haus, berat badan cepat menurun tetapi nafsu makan meningkat, cepat merasa mengantuk dan lelah, mudah timbul bisul atau abses dengan kesembuhan yang lama, gatal-gatal terutama pada alat kelamin bagian luar, sering kesemutan, gairah seks menurun, penglihatan kabur, serta ibu yang melahirkan bayi lebih dari 4 kg.

Perlu diketahui juga untuk komplikasi yang bisa dialami penderita diabetes yaitu penyakit stroke, kerusakan ginjal, impoten, infeksi (gangren) kaki amputasi, penyakit jantung, buta, gigi goyang, dan hipoglikemi (kadar gula darah terlalu rendah).

Hipoglikemi adalah Suatu keadaan dimana kadar gula darah (glukosa) secara abnormal rendah. Dalam keadaan normal, tubuh mempertahankan kadar gula darah antara 70-110 mg/dl. Kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan gangguan fungsi berbagai sistem organ/ menimbulkan gejala. Gejala hipoglikemi yaitu terdiri perubahan mood, gemetar, pucat, penglihatan kabur, pusing, sakit kepala, sangat  lelah, dan lapar. Ciri hipoglikemi ringan yaitu simtomatik yang dapat diatasi sendiri serta tidak ada gangguan aktivitas sehari - hari yang nyata, dan glukosa oral sebanyak 10-20 g, idealnya dalam bentuk tablet, jelly atau 150-200 ml minuman yang mengandung glukosa (seperti teh atau jus buah segar). Pemberian makanan tinggi lemak seperti coklat sebaiknya tidak diberikan karena dapatmenghambat absorpsi glukosa. Sedangkan hipoglikemi berat yaitu pasien tidak sadarkan diri (pingsan).

Sahabat sehat, ada beberapa 5 kunci sehat untuk penderita diabetes antara lain yaitu diet sehat DM, olahraga/aktivitas fisik, menghindari stres, periksa gula darah secara teratur, dan menghindari aktivitas atau kegiatan yang dapat menyebabkan terjadinya luka.

Tim PKRS RSUP Dr.Kariadi

 

 

 

Share:

Tags:

Beri Komentar