news Details

PANDEMI KE ENDEMI COVID-19

 

Penulis: dr. Widya Istanto Nurcahyo, Sp.An, KAKV, KAR

 Dari  RSUP Dr. Kariadi Semarang

Sudah dua tahun lamanya dunia ini menghadapi pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Sejak saat itu juga masyarakat semakin terbiasa dengan istilah “pandemi” atau istilah lainnya seperti “epidemi” atau “outbreak”. Namun, dalam beberapa waktu ini, istilah “endemi” mulai terdengar di berbagai kalangan masyarakat.

Apa itu endemi, epidemi, dan pandemi ?

 

Berdasarkan Center of Disease Control (CDC), istilah endemi, epidemi, dan pandemi secara epidemiologi adalah sebagai berikut :

  1. Endemi adalah penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan Endemi merupakan keadaan dimana kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada pada suatu populasi dalam suatu area geografis tertentu. Contoh penyakitnya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD).
  2. Epidemi adalah penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak Peningkatan angka penyakit di atas normal yang biasanya terjadi secara tiba-tiba pada populasi suatu di area geografis tertentu. Contoh penyakit yang pernah menjadi epidemi adalah virus Ebola di Republik Demokratik Kongo pada 2019, Avian Influenza/flu burung (H5N1) di Indonesia pada 2012, dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) di 2003.
  3. Pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografis yang luas (lingkup seluruh negara atau benua), biasanya mengenai banyak orang. Contoh penyakit yang menjadi pandemi sekarang adalah COVID-

Apa perbedaan pandemi dan endemi?

 

Berbeda dengan pandemi yang terjadi dalam wilayah geografis yang luas dan serempak, kemunculan penyakit dalam status endemi cenderung konstan dan dapat diprediksi serta hanya meliputi suatu area geografis. Kemunculan penyakit tersebut juga tidak mempengaruhi masyarakat luas.

 

Menurut Dr. Isaac Weifuse, seorang epidemiolog di Universiras Cornell, masih banyak halangan untuk mencapai status endemi, salah satunya kemungkinan kemunculan varian COVID-19. Beberapa negara di dunia telah menyusun kebijakan untuk menyambut status endemi di negara mereka. Di Indonesia, pemerintah mulai menyusun garis besar pedoman (roadmap) untuk masa transisi pandemi COVID-19 menjadi endemi. Meski demikian, status endemi tiap negara akan dikaji kembali oleh WHO dengan indikator tertentu agar tidak menimbulkan masalah baru.

Pengendalian suatu penyakit tidak luput dari peran masyarakat di dalamnya. Berikut adalah hal yang dapat dilakukan untuk menyikapi perubahan status endemi COVID-19 :

  1. Ikut serta dalam program
  2. Lakukan protokol
  3. Membatasi
  4. Menambah informasi tentang perkembangan COVID-19 yang bisa diperoleh dari sumber terpercaya, seperti tenaga

Vaksin adalah faktor utama yang bisa membantu mencapai ke fase transisi endemi untuk saat ini. Paparan terhadap dua dosis vaksin mempunyai efektivitas 85% untuk melawan infeksi COVID-19 varian delta yang sangat menular. Vaksinasi komunitas diberikan dengan vaksin booster untuk menjaga stabilitas kekebalan tubuh. Pada fase transisi perlu melakukan survei kekebalan (studi seroprevalensi) komunitas secara teratur untuk memahami kekebalan alami masyarakat serta melanjutkan program vaksinasi massal.

Kekebalan memungkinkan COVID-19 untuk beralih dari pandemi ke endemi. Ketika tingkat kekebalan mencapai tingkat kekebalan kelompok, COVID-19 menjadi endemi. Endemi COVID-19 diprediksi berpola seperti influenza dan virus ISPA lainnya, dan sebagian besar orang terinfeksi mengalami gejala ringan atau tidak menunjukkan gejala. Pendidikan terhadap perkembangan COVID-19 memainkan peran penting untuk menjelaskan ke masyarakat mengenai transisi status dari pandemi ke endemi.

 

 

Referensi :

 

  1. Steere-Williams J. “Endemic Fatalism and Why It Won’t Resolve COVID-19”. Public 2022;

 

  1. Sheila M E. Coronavirus FAQ: What does endemic mean — and are we there yet? [Internet]. Npr.org. 2022 [cited 12 March 2022]. Available from: https://npr.org/sections/goatsandsoda/2022/03/11/1085839027/coronavirus-faq- what-does-endemic-mean-and-are-we-there-yet
  2. Control C. Principles of Epidemiology | Lesson 1 - Section 11 [Internet]. Cdc.gov. 2022 [cited 12 March 2022]. Available from: https://cdc.gov/csels/dsepd/ss1978/lesson1/section11.html
  3. Biernath A. Akankah Covid menjadi endemi dan apa artinya? - BBC News Indonesia [Internet]. BBC News Indonesia. 2022 [cited 12 March 2022]. Available from: https://bbc.com/indonesia/majalah-60414985
  4. Government of Alberta. Shifting from pandemic to endemic. 2021. https://alberta.ca/assets/documents/health-covid-19-pandemic-to-endemic.pdf
Share:

Tags:

Beri Komentar