news Details

BATUK SEBAGAI SALAH SATU GEJALA COVID 19

Oleh dr. Dian Yusnita, Sp.THT-KL dari  RSUP Dr.Kariadi

 

Sahabat Sehat, batuk merupakan salah satu keluhan yang sering dialami dan dianggap umum oleh sebagian orang. Saat ini batuk merupakan hal yang mengkhawatirkan bagi sebagian orang karena saat ini batuk merupakan salah satu gejala dari COVID 19.(1)

COVID 19 merupakan pandemic baru yang muncul pada akhir tahun 2019. Penyakit ini muncul pertama kali di Wuhan, China. World Health Organization (WHO) menyatakan Covid 19 sebagai penyakit pandemic pada 11 Maret 2020. (1)(2)

COVID 19 sering kali menyerang saluran pernafasan seperti hidung, mulut dan paru-paru. Batuk banyak disebabkan oleh infeksi virus. Penularannya terjadi antar manusia dari percikan air ludah. Gejala ini juga didapatkan pada infeksi virus saluran pernafasan selain COVID-19.

Berdasarkan penelitian di China didapatkan gejala Covid19 adalah demam (43,8%), batuk (67,8%), sesaknafas, hidung tersumbat (4,8%),  mual muntah (5%) dan diare (3,8%). Hasil penelitian dari jurnal review didapatkan keluhan batuk pada pasien Covid19 sebesar 61%. Hal ini membuat masyarakat semakin khawatir saat mengalami keluhan batuk. (1)(3)

Batuk yang merupakan salah satu gejala dari Covid-19 yang sering muncul, namun batuk pada pasien Covid-19 tidak khas. Batuk yang timbul lebih ke arah batuk kering yang disertai dengan keluhan demam (73,5%) dan terkadang disertai sesak nafas (16,2%). (2)

Apabila mengalaminya keluhan batuk di saat pandemic seperti saat ini, beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain istirahat yang cukup, berdiam diri di rumah selama 14 hari, konsumsi makanan bergizi, banyak minum, konsumsi vitamin C dan vitamin D untuk meningkatkan daya tahan tubuh, rajin cuci tangan dengan sabun, pakai masker dan jaga jarak aman terutama ketika berbicara dengan orang lain. Hindari makanan yang memicu batuk seperti makanan pedas, makanan bersantan atau gorengan. Gejala tersebut dapat membaik dalam waktu 1-3 hari, bila tidak membaik maka sebaiknya memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat. (4)

 

Daftar Pustaka

  1. Otolaryngologicalsymptomps in COVID-19. European archives of oto-rhino-laryngology. 2021;278:1233-36.
  2. El-Anwar MW, Elzayat S, Fouad YA. ENT manifestation in COVID-19 patients. Aurisnasus larynx. 2020;9:1-6.
  3. Lechien JR, Estomba CMC, Siati DRD, Horoi M, Bon SDL, Rodriguez A, et al. . Olfactory and gustatory dysfunctions as a clinical presentation of mild to moderate form of the coronavirus disease (COVID-19) : a multicenter European study European ArchievesOto-Rhino-Laryngology. 2020.
  4. Burhan E, Susanto AD, Isbaniah F, Nasution SA, Ginanjar E, Pitoyo CW, et al. Pedomantatalaksana COVID-19. PAPDI.2020; 3: 6-12.
Share:

Tags:

Beri Komentar