news Details

PENTINGNYA MEMAKAI MASKER

Komite PPI RSUP Dr Kariadi Semarang

Letak geografis Indonesia di 6o LU-11LS, dengan arti bahwa kita berada di zona tropis (23,5LU-23,5o LS). Dengan kata lain, Indonesia akan mendapat penyinaran matahari sepanjang tahun. Dampaknya adalah, suhu udara cenderung tinggi. Kelembaban tinggi. dan curah hujan tinggi. Perubahan iklim di Indonesia merupakan permasalahan yang penting, karena banyaknya populasi hidup yang dapat terkena dampak  dari perubahan suhu, curah hujan dan perubahan klimatik lainnya. Indonesia sendiri mempunya dua musim, yakni musim hujan dan musim kemarau, Infeksi saluran nafas merupakan salah satu dampak dari  musim kemarau dikarenakan kemarau mengurangi kualitas udara dan membahayakan kesehatan. nyeri dada, penyakit menular, Selama kekeringan, akan berakibat tanah kering dan kebakaran hutan dan mengakibatkan peningkatan jumlah partikel udara dalam bentuk asap, sehingga mampu mengiritasi saluran nafas dan mampu memperburuk penyakit pernafasan kronis dan meningkatkan risiko infeksi saluran nafas atas. Saat ini, Indonesia menajdi negara dengan beban Tuberkulosa (TBC) tertinggi ketiga dunia. TBC merupakan salah satu penyakit yang dapat ditularkan melalui udara dengan partikel kurang dari 5 µ (Airborne Transmition).

Usaha primer dalam kesehatan merupakan usaha promotiv dan preventif, dan salah satu cara untuk mencegah penularan infeksi saluran nafas dapat dilakukan dengan melakukan cara memakai masker bedah. Berikut ini merupakan cara memakai masker yang baik dan benar:

 

Cara memakai masker :

  • Memegang pada bagian tali (kaitkan pada telinga jika menggunakan kaitan tali karet atau simpulkan tali di belakang kepala jika menggunakan tali lepas).
  • Eratkan tali kedua pada bagian tengah kepala atau
  • Tekan klip tipis fleksibel (jika ada) sesuai lekuk tulang hidung dengan kedua ujung jari tengah atau
  • Membetulkan agar masker melekat erat pada wajah dan di bawah dagu dengan
  • Periksa ulang untuk memastikan bahwa masker telah melekat dengan
  • Masker yang di gunakan harus menutupi hidung dan mulut.

Selain cara memakai masker, maka perlu diperhatikan bagaimana kita melepas masker yang sudah dipakai dengan tujuan mikroorganisme tidak menyebar.

Cara melepas masker :

  • Melepas masker tanpa menyentuh bagian luar masker, cukup di pegang talinya
  • Buang masker ke dalam tempat sampah
  • Melakukan kebersihan tangan/cuci tangan

 

Referensi :

  1. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 27 Tahun 2017 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.
  2. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSUP Dr Kariadi Semarang tahun 2019
Share:

Tags:

Beri Komentar